Responsive Ads Here

Friday, May 5, 2017

Memindahkan dan menyalin isi Sel

Baiklah tak terasa kita sudah sampai pada bab 6. Pada bab ini anda akan kami pandu bagaimana cara memindahkan dan menyalin isi sel. Untuk memindahkan isi sel kita dapat menggunakan perintah Potong, Salin, dan Tempel di Microsoft Excel untuk memindahkan atau menyalin sel atau kontennya. Anda juga dapat menyalin konten atau atribut spesifik dari sel.
Contohnya, Anda dapat menyalin nilai hasil dari suatu rumus tanpa menyalin rumus itu sendiri, atau Anda dapat menyalin rumus itu saja.

Ketika Anda memindahkan atau menyalin sel, Excel memindahkan atau menyalin sel tersebut, beserta rumus dan nilai hasil, format sel, serta komentar. Berikut ini caranya:

1. Pilih sel yang ingin Anda pindahkan atau salin.
2. Pada tab Beranda, dalam grup Clipboard, lakukan langkah berikut:

  • Untuk memindahkan sel, klik Potong .Pintasan keyboard Anda juga dapat menekan Ctrl+X.
  • Untuk menyalin sel, klik Salin .Pintasan keyboard Anda juga bisa menekan Ctrl+C.
3. Pilih sel kiri atas area tempel.

Tips: Untuk memindahkan atau menyalin pilihan ke lembar kerja atau buku kerja berbeda, klik tab lembar kerja lain atau ganti ke buku kerja lainnya, lalu pilih sel kiri-atas area tempel.
4. Pada tab Beranda, di grup Clipboard, klikSalin .Pintasan keyboard Anda juga bisa menekan Ctrl+V.
Catatan:
  • Excel menampilkan pemindahan batas beranimasi di sekitar sel yang dipotong atau disalin. Untuk membatalkan pemindahan batas, tekan Esc.
  • Excel mengganti data yang sudah ada dalam area tempel pada saat Anda memotong dan menempel sel untuk memindahkannya.
  • Untuk memilih opsi spesifik pada saat menempel sel, Anda dapat mengklik panah di bawah Tempel , lalu klik opsi yang Anda inginkan. Misalnya, Anda dapat mengklik Tempel Spesial atau Gambar.
  • Secara default, Excel menampilkan tombol Opsi Tempel pada lembar kerja untuk menyediakan opsi khusus bagi Anda pada saat menempel sel, contohnya Pertahankan Pemformatan Sumber. Jika Anda tidak ingin tombol ini ditampilkan setiap kali menempel sel, Anda dapat menonaktifkan opsi ini. Klik tab File, lalu klik Opsi. Di kategori Tingkat Lanjut, di bawah Potong, Salin, dan Tempel, kosongkan kotak centang Perlihatkan tombol Opsi Tempel ketika konten ditempel.

Memindahkan atau menyalin sel dengan mouse

Secara default, fitur pengeditan seret-dan-letakkan diaktifkan agar Anda dapat menggunakan mouse untuk memindahkan dan menyalin sel.
1. Pilih sel atau rentang sel yang ingin Anda pindahkan atau salin.
2. Lakukan salah satu hal berikut ini:
  • Untuk memindahkan sel atau rentang sel, arahkan ke batas pilihan. Saat penunjuk berubah menjadi penunjuk pindah , seret sel atau rentang sel ke lokasi lain.
  • Untuk menyalin sel atau rentang sel, tahan Ctrl sambil mengarahkan ke batas pilihan. Saat penunjuk berubah menjadi penunjuk penyalin , seret sel atau rentang sel ke lokasi lain.
Catatan: Excel mengganti data yang sudah ada di area tempel pada saat Anda memindahkan sel.
Ketika Anda menyalin sel, referensi sel secara otomatis disesuaikan. Namun, ketika Anda memindahkan sel, referensi sel tidak disesuaikan, sehingga konten sel-sel tersebut dan sel mana pun yang menunjuknya dapat ditampilkan sebagai kesalahan referensi. Dengan demikian, Anda harus menyesuaikan referensi tersebut secara manual.
Jika area salin terpilih mencakup sel, baris, atau kolom tersembunyi, Excel juga menyalinnya. Anda mungkin harus membuka data untuk sementara jika tidak ingin menyertakannya pada saat menyalin informasi.

80%

No comments: