Responsive Ads Here

Sunday, April 30, 2017

Mengaktifkan menu-menu pada Microsoft Word 2010

Oke sobat PANDUAN OFFICE 25 kali ini kita akan belajar tentang apa itu menu dan menu apa saja yang terdapat pada program word ini.

Pertama-tama kita kenalan dulu dengan apa yang dinamakan menu, Menu adalah daftar perintah-perintah suatu perangkat lunak (program) yang apabila dieksekusi akan menjalankan suatu perintah tertentu dari aplikasi. Menu digunakan sebagai alternatif dari antarmuka baris perintah.

Bagaimana sudah jelas bukan keterangan yang kami berikan ?

Baiklah jika sudah jelas, sekarang kita kita menuju kepada materi selanjutnya yaitu mengenal menu apa saja yang terdapat pada program word ini dan bagaimana cara mengaktifkannya.

Pada bab kali ini anda akan kami pandu bagaimana caranya mengaktifkan menu-menu yang terdapat pada aplikasi Microsoft Word 2010. perhatikan baik-baik ya....kemudian praktekkan...

Ada tujuh menu dasar yang wajib anda kamu ketahui pada program word ini, apa saja itu ?

1. Menu HOME, Menu Home merupakan menu yang terdiri atas berbagai macam pengaturan diantaranya clipboard (merupakan tempat sementara untuk menyimpan hasil copy dari dokumen seperti teks dan gambar), selain menu clipboard juga terdapat menu Font untuk mengatur huruf, menu paragraf yang terdiri atas pengaturan paragraf dan pengaturan Bullets and Numbering, menu Styles dan menu Editing. Sedangkan untuk mengaktifkan Menu Home, caranya adalah klik tab Menu Home pada tab menu atau tekan Alt+H, perhatikan ribbon menu yang tampil.



2. Menu INSERT, Menu Insert merupakan menu yang digunakan untuk menyisipkan berbagai elemen multimedia dari komputer ke dalam Ms. Word kita, seperti menyisipkan halaman dapat melalui menu Page, menyisipkan tabel, menyisipkan berbagai macam ilustrasi seperti Shapes, Smart Art, Chart. Selain itu, dapat menyisipkan Link, Header dan Footer, Text Box, dan karakter simbol yang terdapat pada huruf. Nah untuk mengaktifkan Menu Insert, klik Menu Insert pada tab menu atau tekan Alt+N, perhatikan ribbon menu yang tampil.



3. Menu PAGE LAYOUT, Page layout kalau diartikan bahasa indonesia adalah tata letak halaman, Jadi, sudah sangat jelas, Untuk fungsi dari page layout adalah bekenaan dengan tata letak halaman kerja di microsoft word. Seperti yang kita ketahui bersama, Bahwasanya, Page layout terbagi menjadi 5 group yaitu themes, Page setup, Page background, Paragraph dan Arrange. dan masing-masing dari group  tersebut mempunyai icon-icon berbeda beda. dan, tentu saja, dari setiap icon dari group tersebut, mempunyai fungsi yang berbeda beda pula.Untuk mengaktifkan Menu Page Layout, coba anda klik tab Menu Page Layout pada tab menu atau tekan Alt+P, perhatikan ribbon menu yang tampil.



4. Menu References, References sangatlah sering digunakan untuk memberikan referensi atau rujukan yang berkaitan dengan dunia pembukuan, untuk itu supaya buku yang ada buat lebih menarik untuk si pembaca, anda perlu menggunakan atribut yang terdapat pada icon tersebut, icon ini sangat lah berguna bagi pembuatan misalnya seperti proposal, skripsi,dan tugas lainya. Untuk itu, buat anda yang memilikin tugas seperti skripsi anda perlu melengkapi atribut refernsi semisal fotnote dan endnote.references terbagi menjadi 6 group, yaitu: Table of Contents, Footnotes, Citations and Bibliography, Captions, Indexs, dan Table Of AuhtoritiesUntuk mengaktifkan Menu References, coba anda klik tab Menu References pada tab menu atau tekan Alt+S, perhatikan ribbon menu yang tampil.



5. Untuk mengaktifkan Menu Mailing, coba anda klik tab Menu Mailing pada tab menu atau tekan Alt+M, perhatikan ribbon menu yang tampil.



6. Untuk mengaktifkan Menu Review, coba anda klik tab Menu Review pada tab menu atau tekan Alt+R, perhatikan ribbon menu yang tampil.



7. Untuk mengaktifkan Menu View, coba anda klik tab Menu View pada tab menu atau tekan Alt+W, perhatikan ribbon menu yang tampil.



Anda sudah menyelesaikan 2 dari 6 modul
33%
1

No comments: